.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H...... Mohon maaf lahir dan batin ....

Senin, 16 April 2012

Unit Pengembangan dan Pelestarian Ayam Nunukan



Ayam NuNukaN
adalah Ras ayam lokal yang dikenal di daerah Nunukan, Tarakan, dan Tawau. Ciri khas ayam ini adalah bulu utama (pluma) sayap dan ekor tidak berkembang atau lambat berkembang, sehingga tampak tidak berekor. Ciri lainnya yang dominan adalah warna bulu yang coklat kemerahan dengan bagian ujung hitam (tipe Columbian). Warna sisik ceker (kaki) kuning atau putih.

Ayam Nunukan baik untuk pedaging dan petelur dengan pertumbuhan 20-30 % lebih cepat dibanding ayam lokal lain. Produksi telur rata-rata lebih tinggi dari pada ayam kampung. Walaupun berdasarkan cerita ayam ini didatangkan oleh imigran dari Tiongkok selatan, ayam Nunukan secara genetik memiliki kemiripan dengan Ras Rhode Island Red, ayam ras yang dikembangkan di Amerika Serikat.



Ciri -cirinya Ayam Nunukan adalah

- Warna bulu merah cerah atau merah kekuningan
- Bulu sayap dan ekor tidak berkembang sempurna
- Paruh dan kaki berwarna kuning atau putih kekuningan
- Jengger dan pial merah cerah

- Umur awal bertelur 5,5 - 6 bulan
- Anak berumur 45 hari cenderung berbulu kapas
- Berat badan ayam jantan dewasa 2,6 - 3,8 kg dan betina 2,4 - 2,7 kg
- Produksi telur 120 - 140 butir per tahun dengan bobot 40 - 60 gr/butir


Budidaya
Pemeliharaan ayam Nunukan sebaiknya setiap perbedaan umur dibuat kandang tersendiri, sirkulasi udara lancar (agak terbuka), Cukup sinar mata hari, bersih dan kering. Untuk umur 2 bulan memerlukan kandang Boks penerangan cukup dan suhu 38-40 oC ukuran 25 ekor/m2. Untuk Grower (masa pertumbuhan) kandang berbentuk Lantai dari pasir halus dan kerikil ukuran 10 ekor/m2 dan Dewasa ukuran kandang 5-6 ekor/m2.

Pakannya pada umur 2 bulan membutuhkan 40-50 g/ekor/hari, umur 3-6 bulan 60-70 g/ekor/hari dan dewasa 80-90 g/ekor/hari.




Sumber : http://bakritomaiwa-nusantara.blogspot.com/2011_08_01_archive.html

10 komentar:

  1. Saya berdomisili di jogja ... kalo saya berminat untuk pelihara ayam Nunukan, dimana saya bisa mendapatkan bibitnya ?

    BalasHapus
  2. Apakah ayam ini harganya sama dengan ayamlokal lainnya?

    BalasHapus
  3. Saya tinggal di jakarta dimana bisa mendapatkan ayam nunukan

    BalasHapus
  4. Saya tinggal di jakarta dimana bisa mendapatkan ayam nunukan

    BalasHapus
  5. saya tinggal di Nias, bagaiamana mendapatkan DOC ayam nunukan asli? mohon infonya.

    BalasHapus
  6. Kalau kirim ketarakan perbox berapa..

    BalasHapus
  7. Bagaimana jika ingin membeli DOC ayam Nunukan di Jakarta,mhn info nya,trima kasih.

    BalasHapus
  8. Saya d muara teweh kab barito utara kalimantan tengah, bagaiman agar bisa dapatkan bibit ayam nunukan...mohon petunjuk.. email agusplan@yahoo.co.id hp.081349689129

    BalasHapus
  9. saya mau mencari penjual bibit ayam nunukan dimana??
    ini no.hp saya. 081392400652

    BalasHapus